Cara Jitu Menarik Pelanggan!

Sabtu, 24 Februari 2007

Bagaimana agar kita dapat menarik sebanyak mungkin pelanggan? Salah satu kiat jitu yang cukup ampuh adalah FREE PROMOTER! Orang yang mempromosikan produk kita tanpa perlu kita bayar. Mereka suka mempromosikan produk kita kepada orang lain dengan suka rela.

Sering dengar kan teman kita bilang 'pernah cobain makan soto di tempat itu, dagingnya empuk, maknyos' atau 'Aku kemarin belanja di toko itu, wah ok lho, mode bagus, dan pelayannya itu lho -welcome bgt, coba deh belanja disana'atau 'Beli pulsa di tempat itu aja, murah bgt dah gitu banyak ngasih tahu cara perawatan hp'... dan sebagainya. Mereka jadi marketer yang sanggup menyihir orang lain untuk datang ke tempat yang dipromosikannya. Dan bisa ditebak hasilnya, mengalirlah pelanggan-pelanggan baru yang bisa jadi Free Promoter berikutnya

Pertanyaannya: Bagaimana kita menciptakan agar seseorang bisa menjadi Free Promoter product kita? Kuncinya adalah Customer Satisfaction. Rumus kepuasan pelanggan adalah KONSISTEN memberi service MELEBIHI dari ekspektasi customer.
Contohnya, ada rumah makan padang yang setiap gelas kita terlihat berkurang dengan segera pelayannya mengisi air gelas itu tanpa diminta. Ada juga dengan menjelaskan product secara detail, seperti kelibihan dan kekurangan ponsel tanpa ada yang ditutupi, untuk priduct hp. Bermacam-macam cara memikat dan mengesankan customer. Ada juga yang bermodalkan "SMILE', ya dengan senyuman tulus- customer bisa jatuh hati dengan product kita bahkan sebelum melihat product itu sendiri.

Jadi sikap kita bukan reaksional, begitu diminta kita baru menanggapi. Customer memang puas tapi sampai disitu saja tanpa ada kesan.
Intinya kita bisa merasakan apa yang diinginkan customer dan bisa memberikan sebelum diminta. Yang lebih disentuh hatinya. Banyak lho transaksi terjadi karena 'emotion' lebih besar bekerja dibanding 'logic'.

Free Promoter ini akan lebih ampuh bila dia juga 'kepala suku' atau sebagai orang yang memang punya 'pengaruh' di lingkungannya. Kita bisa mengajak orang-orang seperti ini untuk coba product kita dan mintakan pendapatnya. Make him/her impressed. Then let them works!

Sudah siap menciptakan pasukan Free Promoter?

3 komentar:

ayu_saphire2011 3 Maret 2011 22.44  

ada tips lain lagi mas? sy lg improve ilmu jualann nihh

aku mau 28 Desember 2011 12.38  

GimanCara menarik pelanggan jika keadaannya Hujan dan Tempatnya jauh Dari Perumahan...

Usaha Barang dan Jasa Perbengkelan

Brother 9 Februari 2012 01.34  

ada situs bagus, tapi sayang harus bayar, teknik menarik pembeli , aku dah beli isinya OK banget, sayang gak ada resellernya ke tkp aja langsung www.jurusmarketing.com

Pembaca Blog ini

Anda Pengunjung Ke

  © Blogger template Columnus by Ourblogtemplates.com 2008, AR Junaedi

Back to TOP