7 Langkah Mencapai Sukses

Selasa, 21 Agustus 2007

Salah satu alasan seseorang bisa mencapai sukses lebih cepat karena memiliki tujuan dan sasaran yang jelas dan mereka konsisten dalam mencapainya.

Ketidakjelasan hanya akan membuat kurangnya motivasi dan disiplin diri dalam usaha mencapai tujuan.

Brian Tracy, motivator dan penulis banyak buku best seller- membeberkan 7 langkah powerful formula yang bisa dijadikan pijakan untuk meraih sukses:

Langkah pertama, Putuskan Apa Yang Anda Mau
Tanyakan lagi pada diri Anda sendiri, apa yang benar-benar Anda inginkan. Dan apa yang akan terjadi bila Anda tidak mencapainya. Tujuan specifik akan lebih baik dibanding keinginan yang bersifat general.

Kedua, Tulis Keinginan tersebut
Tuliskan dengan jelas dan rinci. Tujuan yang tidak tertulis hanya akan berupa harapan saja dan tidak ada energi dibalik itu. Buat 'Dream Book'. Tujuan yang tertulis akan memudahkan kita dalam menerjemahkan keinginan tadi ke bentuk yang lebih nyata.

Langkah ketiga, Tetapkan Batas Waktu
Buat deadline, kapan keinginan tadi bisa terwujud. Dengan adanya batasan waktu, kita akan termotivasi untuk bisa mewujudkannnya. Tidak menunda. Tanpa deadline, keinginan tersebut akan terlihat tidak penting lagi.

Keempat, Buat Daftar Tindakan
Buat daftar sebanyak mungkin segala hal yang akan kita lakukan untuk mencapai tujuan. Tulis aktivitas apapun yang mengarah kepada perwujudan tujuan tadi. Baik hal-hal baru maupun persiapan yang akan kita jalani. Jangan batasi pada sesuatu yang menurut kita tidak mungkin. Tulis saja dalam daftar ini.

Langkah Kelima, Susun Daftar menjadi Rencana
Dari berbagai daftar tindakan tadi, susun berdasar urutan prioritas menjadi satu rencana utuh. Pertimbangkan dalam memutuskan apa yang akan dilakukan pertama sekali dan apa yang akan dilakukan kemudian. tetapkan mana yang lebih penting mana yang tidak. Akan lebih baik bila dibuat pengelompokan kegiatan sejenis, dan susun tahapan rencana dengan waktu yang terukur.

Keenam, Take Action
Tahap ini yang paling penting, Segera ambil tindakan sesuai dengan rencana diatas. Satu tindakan pertama akan lebih bermakna dibanding sejuta rencana tanpa action. Lakukan sesuatu. Kunci mencapai puncak kesuksesan berawal dari satu langkah pertama, action.

Langkah ketujuh, Lakukan Sesuatu Setap Harinya
Ya, setiap hari lakukan sesuatu yang mengarah pada tujuan yang telah kita tetapkan tadi. Bangun disiplin untuk terus melakukan perbaikan. Seperti apa kita esok hari ditentukan apa yang kita lakukan hari ini.

Formula ini saya terapkan pada saat ada rencana ingin membuka toko yang kedua. Dan Alhamdulillah, bisa terwujud dan hasilnya lebih baik dibanding toko pertama.

3 komentar:

Syamsul Arham 23 Agustus 2007 09.55  

Pak Junaedi,

Tulisan ini melengkapi apa yang tulis di blog saya dengan judul Mencapai Impian.

Tulisan ini akan saya tambahkan linknya di tulisan tersebut.

Wassalam,
Syamsul

AR Junaedi 24 Agustus 2007 17.01  

Thanks pak, dan semoga sudah menggenggam impiannya Insya Allah

Anonim 30 Desember 2009 23.32  

Terima kasih atas informasi menarik

Pembaca Blog ini

Anda Pengunjung Ke

  © Blogger template Columnus by Ourblogtemplates.com 2008, AR Junaedi

Back to TOP