Share the Key: NLP menjadi sederhana dan powerful

Sabtu, 20 Desember 2008


Seorang teman curhat masalah pribadinya. Beberapa bulan lalu, cintanya tertolak oleh sang gadis yang diimpikannya. Penolakan ini membuatnya frustasi. Merasa rendah, diabaikan, tidak 'pd', dan seperti tidak ada gairah.

Trauma ini masih terus membayangi. Hingga sampai menggangu pekerjaannya sehari-hari.

Nah, untuk membantu sahabat saya ini, saya coba terapkan salah satu teknik NLP sederhana yang ditulis Pak Krishnamurti, sang Mindset Motivator, dalam bukunya 'Share the Key'.

Teknik untuk menghilangkan trauma ini disebut teknik TV Kuno. Saya minta sahabat saya ini menenangkan diri, rileks. Ambil nafas perlahan. Kemudian sambil memejamkan mata, saya bimbing dia untuk menuangkan peristiwa tidak mengenakan tadi kedalam sebuah TV Kuno. TV Imajiner. Saya lihat ada raut kegeraman dari kerut didahinya.

Tahap berikutnya saya minta dia untuk mengaburkan gambar yang ada di TV. Dari warna hitam putih, berubah menjadi bintik semut, dan saya gabungkan dengan teknik melenyapkan TV sampai menjadi titik. Pop, hilang!

Hasilnya... Wow Alhamdulillah.. Sahabat saya ini bilang bahwa trauma itu hilang bersamaan dengan lenyapnya sang TV imajiner....

Dan sekarang dia sudah bisa tersenyum kembali...

Ada satu lagi teknik yang saya coba. Ketika membaca teknik membebaskan diri dari kemarahan dengan Ikhlas, saya tadinya merasa susah untuk menjadi marah. Paginya malah diuji untuk menjadi marah.

Sewaktu mengantar anak saya sekolah pagi ini, mobil saya 'berciuman' dengan bemper mobil orang lain. Ketika berbelok, tiba-tiba ada mobil memotong jalan dan menyenggol bagian depan kanan mobil saya. Alhasil, bagian depan kanan sedikit penyok dan cat terkelupas.

Sewajarnya saya marah, tapi saya coba terapkan teknik Ikhlas ala pak Krishna ini. Masih didalam mobil saya coba rileks, tarik nafas dalam dan buang perlahan, menyadari ada rasa marah, kemudian lepaskan ke alam semesta dengan ikhlas... lebih rileks dan Plong....

Alhamdulillah, rasa marah berganti menjadi damai

Masih ada 30 teknik terapan NLP yang dibuat sesederhana mungkin oleh Pak Krishna. Sehingga saya yang masih awan NLP pun bisa menerapkan dengan mudah.

Ditulis dengan tutur yang khas, renyah, gurih dan memang dahsyat. Ditambah lagi dengan puisi-puisi yang beliau sebut Untaian Bidadari Words yang juga sederhana tapi dalam maknanya. Salah satunya saya tulis di post sebelumnya: Baik, Indah, dan Benar


Buat yang ingin memahami NLP, buku mungil ini bisa menjadi rujukan sekaligus langsung menerapkannya.

Karena, mukjizat buku ini akan didapat justru setelah Anda mengambil keputusan untuk mencoba "Sruut'...

0 komentar:

Pembaca Blog ini

Anda Pengunjung Ke

  © Blogger template Columnus by Ourblogtemplates.com 2008, AR Junaedi

Back to TOP