Tips Membuat Produk Unik
Rabu, 16 April 2008
Kali ini saya coba menjawab pertanyaan bagaimana membuat produk unik.
"Assalamu'alaikum Pak AR Junaedi,
Saya baca bisnis baju anak Pak Ar dari liputan majalah Wirausaha dan Keuangan. Cukup unik juga cara Bapak menjual. Saya minta tolong, bagaimana caranya agar produk yang saya jual bisa unik supaya bisa menarik banyak pelanggan.
Saya punya toko bunga/ florist, kanan kiri juga jual bunga.
Gimana supaya ada keunikan yang bisa dijual pak? Terima kasih ya
Wassalamu'alaikum,
Agus Winarto"
Jawaban
Wa'alaikum salam Pak Agus,
Terima kasih atas pertanyaannya. Keunikan memang bisa menjadi daya tarik tersendiri yang bisa meningkatkan tingkat leads yang selanjutnya menjadi pelanggan kita.
Keunikan juga bisa melepaskan dari persaingan harga semata.
Keunikan bisa dijual dari sisi produk itu sendiri, kemasan, cara penjualan, pengiriman dan sebagainya.
Nah, beberapa tips dari Action Coach yang pernah dikupas Coach Tom mengenai Unique Selling Point dalam perbicangan di radio Smart Fm beberapa waktu lalu, bisa coba bapak terapkan. Tentunya disesuaikan dengan kondisi bisnis bapak saat ini.
Menganalisa kompetisi
Kita perlu mengetahui kompetitor agar dapat mengidentifikasi posisi kita di market. Dengan mengenal kompetitor akan memudahkan kita untuk menemukan sejauh mana produk kita bisa menjadi berbeda.
Gali dengan melakukan pertanyaan-pertanyaan seperti:
- Apa yang sudah kompetitor lakukan yang dinilai baik oleh pelanggan?
- Hal apa saja yang belum dilakukan agar terlihat lebih baik dimata pelanggan?
- Apa yang belum ditawarkan oleh mereka, dan bisa kita tawarkan?
Nah, dari jawaban atas pertanyaan itu bisa menjadikan differensiasi tersendiri. Berbeda dari yang sudah ada.
Temukan Sisi Emosional Produk Anda bagi Customer Anda
Untuk toko bunga seperti yang bapak kelola, sangat memungkinkan untuk menciptakan keunikan dari sisi Emosional. "Say it with flowers"
Coba bapak sediakan satu orang 'profesional writter' yang bisa menulis kata-kata dalam kartu ucapan yang biasa menyertai pengiriman bunga. Penulis profesional ini membuat kata-kata sesuai dengan perasaan yang ingin disampaikan oleh pengirim bunga.
Rangkaian tulisan yang benar-benar bisa menyentuh emosi bagi penerima, akan memberi nilai yang begitu besar bagi customer Bapak. Kata-kata dibuat khusus, buka bahasa umum. Apalagi ditulis indah dengan tulisan tangan dan bunga segar yang terangkai indah.
Wah, bakalan banyak orang akan kembali lagi untuk urusan bunga ke toko bapak, yang juga akan disebarkan keunikan ini mouth to mouth dari yang telah merasa puas.
Tonjolkan sisi Culture
Sisi budaya bisa menjadi Keunikan florist bapak. Misal, Anda menyediakan bunga khusus dari Belanda, "Tulip Holland". Dengan brand yang menempel pada budaya tertentu, akan memudahkan customer untuk mengingat florist Anda. Atau penamaan rangkaian bunga dikaitkan dengan perilaku budaya setempat, misal Melati Hoki, Rose Panjang Umur.
Berikan Garansi
Berikan garansi yang kompetitor bapak tidak pernah berikan, dan bapak sanggup memenuhinya. Seperti, bunga sampai dalam 1 jam dalam keadaan segar atau uang kembali.
Dengan garansi seperti ini, customer tidak lagi melihat harga sebagai prioritas pertama. Berani?
Apa yang membuat customer happy and pain?
Coba bapak cari tahu apa yang selama ini bisa membuat customer bapak pain atau jengkel dalam memutuskan pembelian bunga. Apa karena tidak bisa membayar dengan credit card? Atau karena bunga yang dipesan tidak segar? Terlambat pengiriman? Barang tidak sesuai dengan pesanan yang ada dikatalog?
Nah, bapak bisa tampil berbeda dengan menjawab atas segala hal yang tidak lagi membuat customer pusing. Ke tempat bapak berarti semua beres, tenang dalam berbelanja.
Juga bisa digali dari hal yang membuat customer senang. Nah perkuat dan tonjolkan dari sisi tadi. Berikan edukasi lebih. Jadi dibenak customer, toko bapak pasti menyenangkan.
Tawarkan sejelas mungkin
Terkadang customer butuh penjelasan dengan lebih detil tentang bungan yang akan dibeli. Nah bapak bisa bercerita mengenai makna bunga, makna warnanya, kegunaan, asal muasal. Bisa dibumbui dengan cerita yang menarik. Seperti bread talk, toko bungan bapak menjadi florist talk.
Ini juga bisa menjadi keunikan tersendiri
Dari semua itu, pastikan bapak bisa menepati yang bapak janjikan. Karena akan menjadi bumerang bila keunikan yang ditawarkan hanya terbatas diatas kertas.
Test and Measure!
Selamat mencoba dan semoga berhasil!
Wassalam,
AR Junaedi
0 komentar:
Posting Komentar